U1i Satio, maha karya Sony Ericsson test Pulsa

November 20, 2009 at 12:08 pm | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Mungkin kita agak asing dengan sebutan Sony Ericsson U1i karena nama Satio (atau dulunya Idou) lebih ngetop. Tabloid Pulsa Edisi 170 memuat test U1i Satio ini dengan label sebagai salah maha karya Sony Ericsson sebab inilah ponsel berkamera 12 megapixel yang pertama kali ada dinegara kita.

U1i dijalankan dengan OS Symbian S60 5th edition, input data memakai layar sentuh resistive dan tersedia theme flash untuk memperindah tampilan menu utama. Meski pakai OS yang sama seperti Nokia 5800 XM, 5530 XM dan N97, Satio juga punya music player, video player dan photo viewer dalam satu fitur media seperti ponsel SE pada umumnya. Tetapi disebutkan mungkin kita akan kecewa dengan keluaran suara dari speaker tunggalnya dan tanpa konektor audio 3.5 mm lagi.

Kamera adalah fitur yang paling di tonjolkan oleh Satio. Sepertinya akan membosankan kalau saya tulis kebanyakan disini, namun disebutkan hasil rekaman videonya (dengan ratio widescreen 16:9) cocok untuk ditayangkan di televisi LCD. Dan waktu yang diperlukan untuk save foto setelah memotret hanya sekitar 1 detik, artinya lebih cepat dari ponsel kamera 8 MP punya vendor lain. Namun Xenon flash milik Satio dinyatakan kalah dari K850 jika dipakai untuk mengambil gambar dalam ruangan dan jarak yang agak jauh.

Disamping kamera canggih, Satio punya receiver GPS yang sangat sensitive, meski dalam gedung kita masih bisa memperoleh info satelit dengan akurat. Dan tersedia Google Maps dan aplikasi lisensi 30 hari seperti yang dimiliki Aino yaitu WisePilot navigator untuk navigasi.

Kutipan penilaian untuk Sony Ericsson U1i Satio:

Interface : 8
Multimedia : 8
Konektivitas : 9
Aplikasi dan Instalasi : 8
Hardware : 9

Kutipan kesimpulan untuk ponsel ini:

Satio lebih cenderung sebuah ponsel kamera ketimbang multimedia. Bahkan dengan adanya OS Symbian 5th edition tidak membuatnya menjadi ponsel pintar yang terjun di bidang bisnis. Interface sentuh secara menyeluruh menjadikan hal tersebut wajar adanya.

Kemampuan kamera Satio merupakan satu dari yang terbaik. Resolusi lensa 12 megapixel dan fitur fotografi professional yang dibawa memang lebih baik ketimbang kamera-kamera ponsel yang ada hingga saat ini. Terlebih tanpa pembanding di kelas yang sama. Namun Satio cukup mengecewakan di sisi multimedia, kualitas speaker dan hilangnya konektor audio 3.5 mm menjadi hal kecil yang cukup menggangu.

source : Pulsa Edisi 170 Th VII/2009/18 Nov – 01 Desember
Thx – Pulsa Test U1i Satio, maha karya Sony Ericsson

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. U1i SATIO memang bener2 mantap di kelas HP dia yang paling unggul, kamera 12 megapixelnya sudah tidak diragukan lagi hasil jepretannya….
    🙂

    Aku pengen banget beli tapi dibatam harganya masih mahal juga 5,3 jt baru BM non garansi lagi…ckckck…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: